YUK CARI JURUSANMU




Dalam kesempatan ini saya ingin menunjukan sebuah web yang bakalan bisa membantumu mencari jurusan, univ, atau hal lain yang bisa menjadi pertimbanganmu berkuliah di sebuah perguruan tinggi. web yang saya maksud adalah BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi).
lhoh kok malah ke BAN-PT ? Yup, karena di web ini bisa menampilkan hasil pencarian yang berisi beberapa informasi. BAN-PT pula merupakan badan nasional yang menilai akreditasi kampus-kampus di seluruh Indonesia baik itu negeri atau swasta. Bagaimana sih caranya menggunakan web ini, yuk kita pelajari:


  • Carilah web BAN-PT lewat google.co.ic atau ketik saja banpt.or.id setelah itu cek kolom di tengah dan klik “pencarian prodi”.

  • Setelah itu tunggu sampai loadingnya selesai dan kita bisa memfilter pencarian apa saja yang kita butuhkan. Disana anda akan bisa memfilter jurusan berdasarkan nama perguruan tinggi, program studi, strata, wilayah, dan akreditasi. 


  • Kita coba mencari sebuah jurusan. Kita mencari jurusan kedokteran maka yang keluar akan banyak sekali. Kita filter lagi (seumpamanya orang tua hanya mengijinkan di jawa tengah) maka gantilah wilayah menjadi 5. Perlu diperhatikan juga ketika kita sudah mengetahui jurusan-jurusan dan nama universitas yang menyediakan jurusan tersebut yang paling penting perhatikan akreditasnya. Akreditas akan terpampang di sisi kanan yang dibersamai dengan tanggal terbit dan tanggal kadaluarsanya.

Selamat mencoba, semoga kalian bisa menemukan jurusan yang benar-benar cocok untuk kalian. Semoga berhasil dan jangan lupa belajar. 

Komentar