CITA-CITA ?

 bismillah. . 

sudahkah kalian memikirkan tentang cita-cita kalian ?

pikirkanlah cita-cita kalian dari awal. buatlah daftar target yang akan kalian capai, buatlah cara kalian menggapai target tersebut. 

sekiranya gagal maka coba lagi. . coba lagi. . 

sekiranya kamu merasa orang lain lebih hebat dari kita, maka jangan terpuruk tapi bangkitlah.. bisa jadi di luar sana ada yang impian besarnya terwujud padahal dia penuh keterbatasan...

contohnya dalam video ilustrasi ini...




maka setelah melihat video tersebut maka sebuah pertanyaan "apakah ada pembatasan dalam menggapai cita-cita?"

"All of that is depend to ourselves"... semua tergantung dirimu. . termasuk dalam menggapai cita-cita. .


think


sebelum banyak mengobrol tentang jurusan, seleksi masuk, pilihan jurusan dan lain-lain. . . . 

1. sudahkah ngobrol dengan orang tua tentang cita-citamu ?

kadang masih ditemui mis komunikasi antara anak dan orang tua. orang tua mengharuskan jurusan dan univ A untuk anak padahal aak tidak mau atau sebaliknya. adapula orang tua yang membebaskan anaknya untuk memilih kuliah tapi anaknya bingung dan buth arahan. soo coba diskusikan sedini mungkin agar benar-benar matang dalam pemilihan karir dan mendapatkan win2 solution...

2. ingin jurusan tersebut karena apa ? disuruh, lapangan kerjanya, ataukah suka akan keilmuannya ?

banyak pula anak yang menginginkan sebuah jurusan karenan gengsinya, contohnya jurusan kedokteran pasti banyak anak IPA yang igin ke sana tapi apakah iya itu benar-benar keinginanmu ? 

jurusan kedokteran mengharuskan kita bekerja keras di dunia kesehatan, tidak boleh takut darah, harus siap dengan kondisi2 darurat, jika ada penyakit menular maka dokter adalah prajurit terdepan yang harus siap menanganinya.

untuk anak IPS apakah benar ingin menjadi akuntan atau perpajakan di STAN ? sudah siap dengan hitung2annya ? apakah kalian senang dengan menghitung uang ? cobalah tanya kepada diri kalian, apakah kalian senang bekerja di belakang meja atau tamoil di depan, apakah kalian senang bermonolog mengajarkan sesuatu atau berdebat, apakah kalian senang menata dokumen atau mengobservasi masyarakat.. tanyakan...

3. apakah sebanding dengan perjuanganmu ? realistis

ini yang biasanya tidak disadari kita... apakah kita sebanding dengan apa yang kita inginkan... bermalas-malasan untuk menjadi dokter ? maka dokter alakadarnya yang akan di dapat Indonesia... tidak kreatif dan ulet dalam memanajemen waktu belajar, maka pengangguran yang kita dapat. . 

belejar mulai sekarang, jangan takut bersaing... musuhmu adalah rasa malas dan kebodohan. . bismillah bisa...

ambil yang sesuai kamu inginkan, jangan gengsi... tidak ada yang mengolok2 jurusan PGSD ketika mereka jadi PNS, tidak ada yang mengolok-ngolok jurusan manajemen pendidikan ketika mereka menjadi pengawas sekolah, . . semua jurusan itu bagus dan luar biasa, , cuma kadang kita gengsi untuk jujur pada diri tentang apa yang kita suakai. . 

Komentar