CERDAS EMOTIONAL ?

 






Apa sih kecerdasan emosional? tentunya kalian tahu dong tentang kecerdasan emosional, sudah sering dibahas kan.? tapi tidak ada salahnya kita bahas lagi di sini ya  biar makin paham.

Kecerdasan emosional (bahasa inggris: emotional quotient, disingkat EQ) adalah kemampuan seseorang untuk menerima, menilai, mengelola, serta mengontrol emosi dirinya dan orang lain di sekitarnya. Dalam hal ini, emosi mengacu pada perasaan terhadap informasi akan suatu hubungan. Sedangkan, kecerdasan (intelijen) mengacu pada kapasitas untuk memberikan alasan yang valid akan suatu hubunganKecerdasan emosional (EQ) belakangan ini dinilai tidak kalah penting dengan kecerdasan intelektual (IQ).Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kecerdasan emosional dua kali lebih penting daripada kecerdasan intelektual dalam memberikan kontribusiterhadap kesuksesan seseorang.

Menurut Howard Gardner (1983) terdapat lima pokok utama dari kecerdasan emosional seseorang, yaitu mampu menyadari dan mengelola emosi diri sendiri, memiliki kepekaan terhadap emosi orang lain, mampu merespon dan bernegosiasi dengan orang lain secara emosional, serta dapat menggunakan emosi sebagai alat untuk memotivasi diri.

Pengelompokkan emosi menurut Daniel Goleman 

1. Amarah: beringas, mengamuk, benci

2. Kesedihan: pedih, sedih, muram, ditolak

3. Rasa takut: ngeri, gugup, takut

4. Kenikmatan: senang, gembira, bahagia

5. Cinta: penerimaan, persahabatan

6. Terkejut: takjub, terpana

7. Jengkel: hina, jijik, muak, benci

8. Malu: rasa malu, kesal hati

yuk kita lihat dan simak video kecerdasan emosional di bawah ini yaa


Komentar