TAHAPAN SELEKSI MASUK KE PTN

Bismillah,,

setelah beberapa waktu lalu saya posting tentang sedikit seluk beluk perguruan tinggi, kina ada lagi sedikit info untuk kalian.

kalau kemaren kita membahas tentang bedanya Univ, Institut, Akademi, serta bedanya Sarjana dan diploma, kini kita akan membahas bagaimana cara masuk ke salah satunya, yaitu cara masuk di PTN ( perguruan tinggi negeri ).


snm

Dalam seleksi masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN) terdapat 3 tahapan seleksi yang bisa kita tempuh. Adapun seleksi-seleksi tersebut adalah:


1. SNMPTN

Merupakan tahap seleksi masuk perguruan tinggi negeri menggunakan jalur nilai, dahulu jalur ini dinamakan jalur undangan, mungkin karena kita sudah secara otomatis diberi fasilitas sekolah dan tinggal mendaftar saja karena sudah terpilih siapa-siapa saja yang memiliki hak. Untuk biyaya pendaftaran jalur ini gratis alias tidak dipungut biyaya. Terdapat dua tahap pada seleksi ini, tahap seleksi tingkat sekolah dan tahap seleksi tingkat nasional. Tahap seleksi tingkat sekolah akan diambil 40% peringkat paralel jurusan (jika akreditasi sekolah A) yang diambil dari 6 mata pelajaran utama yaitu MTK, B Indo, B Inggris, dan 3 mata pelajaran jurusan. Intinya tahap satu saingannya adalah tingkat sekolah. Setelah tahap seleksi pertama, bagi siswa yang masuk dalam 40% akan mendapatkan password untuk login dan memilih jurusan di universitas-universitas negeri seluruh Indonesia. Pada tahap ini siswa diharuskan untuk mengisi kesanggupan, biodata, pas foto, sertifikat prestasi yang relevan, dan pemilihan jurusan. Pilihan pendaftaran memiliki syarat yaitu:

a. Pendaftar dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 (dua) PTN. dengan masing-masing memilih 1 pilihan jurusan. berarti du pilihan ya. contohnya UGM-hukum dan UIN-Hukum

b. Pendaftar dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 (dua) jurusan dengan ketentuan 1 (satu) PTN. contohnya UNY manajemen dan UNY Manajemen Pendidikan

c. Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan. jadi pilihan pertama merupakan pilihan yang kalian paling inginkan. jika sudah di terima di pilihan 1 maka pilihan 2 gugur. jika pilihan 1 tidak keterima ada kemungkinan keterima di pilihan ke dua.

d. Siswa SMK hanya diizinkan memilih program studi yang relevan dan ditentukan oleh masing-masing PTN. jadi besok saingan kalian selain anak2 SMA/Ma juga ada anak SMK.

e. Daftar program studi, informasi, dan daya tampung SNMPTN tahun 2018 dapat dilihat pada laman https://web.snmptn.ac.id/ptn/47/12688

Setelah selesai memilih kita tinggal menunggu hasil yang akan di umumkan pada tanggal yang sudah dijadwalkan.pada tahap ke dua ini bisa dibilang saingannya adalah seluruh Indonesia.

Dalam SNMPTN kadang ada jurusan-jurusan yang “diperlebar”. maksudnya ? jurusan-jurusan yang diperuntukan anak IPS  Contohnya jurusan manajemen UGM yang diperuntukan untuk IPS bisa di pilih IPA dan beberpa jurusan lainnya. memang terkesan kurang adil sih tapi itu sudah menjadi kebijakan dari panitia seleksi. Tahap ini hanya dapat diikuti sekali yaitu ketika kita masih di jenjang SMA saja. 
===========================================================================================================
2. SBMPTN

Merupakan tahap seleksi yang mengharuskan siswa menjalani tes menggunakan komputer di lokasi dan waktu yang telah ditentukan. Seleksi ini berbeda dengan SNMPTN dimana SNM tanpa biyaya atau gratis, sementara SBMPTN harus membayar sekitar 200 k. Pada tahap ini siswa diharuskankan mendaftar secara online dan membayar di bank yang telah ditunjuk oleh pihak panitia SNMPTN. Syarat pemilihan jurusan dalam tahap sama dengan tahap SNMPTN.

Pada tahap ini siswa akan diuji dengan beberapa macam  jenis ujian sesuai dengan pilihan jurusannya yaitu: 
a. Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA) terdiri atas mata uji Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, TPA Verbal, TPA Numerikal, dan TPA Figural.

b. Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek) terdiri atas mata uji Matematika IPA, Biologi, Kimia, dan Fisika.

c. Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) terdiri atas mata uji Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.
Apabila kita memilih jurusan-jurusan IPA maka yang dikerjakan TKPA dan TKD Saintek, jika IPS maka TKPA dan TKD Soshum, dan jika pilihan kita ada yang IPA dan IPS maka mengerjakan TKPA, TKD Saintek dan Soshum. 

untuk info tentang jurusan, daya tampung sama sejarah seleksi-seleksi sebelumnya bisa di cek di https://ltmpt.ac.id/?mid=20
===========================================================================================================
3.  Mandiri
Pada tahapan ini setiap universitas memiliki kewenangan penuh tentang sistematika seleksi. Setiap universitas pun bebas menentukan kapan seleksi itu diadakan. Ada beberpa universitas menggunakan seleksi dengan bakat melalui prestasi-prestasi siswa, ada yang melalui nilaiUTBK SBMPTN nya, dan ada pula yang lewat ujian ulang, ada yang menggunakan esay dan lain sebagainya.

Intinya dalam seleksi mandiri ini kebijakan penerimaan ditentukan sepenuhnya oleh PTN penyelenggara, kecuali batasan daya tampung yang sebelumnya sudah ditentuka bersama denga pemerintah.

Oh iya hampir lupa, untuk kedua jalur sebelumnya itu kalian untuk memilih jenjang sarjana ya (S1) dan tidab bisa mengambil jangang diploma. nah di jenjang mandiri ini yang kalian bisa untuk mengambil jenajang sarjana maupun diploma.

ada pertanyaan ? submit saja ? insyaAllah nanti saya jawab lewat comment, , di tunggu ya dan di cek untuk jawabannya. .

Komentar